Komposer Prancis pemenang Oscar Michel Legrand tutup usia

Jakarta (ANTARA News) – Komposer dan pianis Michel Legrand peraih Oscar tutup usia pada 86 tahun.

Kabar duka itu diumumkan lewat pesan yang diunggah di laman Facebook oleh perusahaan manajemen City Lights, Sabtu (26/1).

“Komposer jenius, sangat berbakat, dirayakan di seluruh dunia, membawa emosi seperti ini. Pagi ini kita semua bersenandung lagu Michael Legrand,” tulis Menteri Budaya Prancis Franck Riester di Twitter.

Lahir di 1932 di Paris sebagai putra konduktor dan komposer Raymod Legrand, dia berlatih di konservatori musik di ibu kota Prancis sebelum memulai karir sebagai musisi dan penulis lagu dengan penyanyi populer seperti Maurice Chevalier.

Namanya melejit pada 1960-an dengan membuat lagu-lagu untuk film, termasuk kerjasamanya dengan sutradara Jacques Demy untuk seri musikal seperti  “The Umbrellas of Cherbourg” (“Les Parapluies de Cherbourg”) yang memboyong penghargaan tertinggi Palme d’or di festival Cannes pada 1964.

Legrand mendeskripsikan keraguan atas pemenang Cannes kelak, di mana Catherine Deneuve menyanyikan dialog, bukan lagu sepert gaya tradisional musikal.

“Jacques dan aku harus bekerja sangat keras agar proyek ini terlaksana,” tulis Legrand di laman resminya.

“Para produser menyuruh kami keluar, mereka bilang: ‘Kalian dua orang pemuda yang baik, tapi apakah kalian betul-betul berpikir orang akan menghabiskan 1,5 jam mendengarkan karakter menyanyikan sedikit kehampaan hidup!'”

Legrand bekerja bersama Demy dan Deneuve dalam banyak musikal, juga berkolaborasi dengan para bintang di sinema Prancis seperti Jean-Luc Godard dan Claude Lellouch.

Namanya juga dikenal di AS karena bekerjasama dengan bintang jazz seperti Miles Davis dan Stan Getz, dan membuat musik untuk film-film Hollywood.

Dia sudah memboyong tiga piala Oscar. Pada 1986, dia meraih penghargaan lagu orisinil terbaik untuk  “The Windmills Of Your Mind” yang jadi soundtrack “The Thomas Crown Affair”. 

Tiga tahun kemudian dia mendapatkan penghargaan lagu soundtrack terbaik untuk film “The Summer of ‘42” sebelum mendapatkan penghargaan score terbaik untuk “Yentl” yang dibintangi Barbra Streisand pada 1983. 

Legrand terus berkarya di konser-konser, pun tahun ini dia sebenarnya dijadwalkan tur di Prancis.

Baca juga: Daftar nominasi Oscar 2019, “Roma” dan “The Favourite” memimpin

Baca juga: “Green Book” sabet PGA Awards, digadang-gadang menang Oscar

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2019