Erykah Badu bela R. Kelly

Jakarta (ANTARA News) – Penyanyi Erykah Badu membela R. Kelly bahkan setelah munculnya serial dokumenter “Surviving R.Kelly” yang menegaskan tentang tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Kelly.

Erykah Badu menyatakan pembelaannya itu saat tampil di Aragon Ballroom di Chicago pada 19 Januari.

“Saya tidak tahu bagaimana perasaan semua orang tentang itu, tetapi saya sedang berdoa sekarang untuk R,” kata Badu.

“Saya harap dia muncul dan bicara,” ujarnya.

Pernyataan itu langsung mendapat sorakan ejekan dari para penonton.

“Apa yang akan kalian katakan? Persetan dengannya? Itu bukan cinta. Itu bukan cinta tanpa pamrih. Bagaimana kalau salah satu korban R. Kelly tumbuh jadi pemangsa? Apa kita akan mengolok-oloknya juga?” Kata Badu menanggapi ejekan penonton.

Namun kemudian, Erykah Badu mengklarifikasi pernyataannya tersebut setelah menuai banyak kritikan.

“Aku cinta kamu. Tanpa pamrih. Bukan berarti aku mendukung pilihan burukmu. Aku ingin penyembuhan bagimu dan siapa saja yang sudah kau sakiti atas akibat karena kau tersakiti. Apakah itu aneh menurutmu? Itulah yang kumaksudkan. Selain itu sudah dikarang atau dicatut di luar konteks,” katanya di Twitter yang sepertinya berbicara kepada R.Kelly.

Badu termasuk di antara sejumlah selebritas yang menolak tampil dalam film dokumenter “Surviving R Kelly”, menurut produser eksekutif Dream Hampton. Jay-Z, Mary J Blige, Lil Kim, Dave Chappelle, Lady Gaga dan Questlove diduga juga menolak wawancara di serial itu.

Pada penghargaan Soul Train 2015, Badu memperkenalkan Kelly dan mengatakan dia “telah berbuat lebih banyak untuk orang kulit hitam daripada siapa pun”, lapor Pitchfork. Dugaan sejarah pelecehan seksual Kelly – yang sebagian besar melibatkan gadis dan wanita muda kulit hitam – pertama kali muncul pada tahun 2002.

Pada Januari 2018, Badu dalam wawancara dengan majalah New York menyatakan cintanya kepada Bill Cosby dan berkata: “Saya melihat kebaikan pada semua orang. Saya melihat sesuatu yang bagus di Hitler,” dan memuji lukisannya. Dalam wawancara berikutnya dengan Guardian, Badu mengatakan dia tidak menyesali komentarnya itu, demikian seperti dikutip dari Guardian, Senin (21/1).
Baca juga: Skrillex bela Jay-Z soal kolaborasi dengan R Kelly
Baca juga: Mantan manajer R. Kelly serahkan diri
Baca juga: R Kelly dikeluarkan dari label rekaman

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019